Yang Bisa Kamu Temui di Kota Tua – Jakarta

Jakarta. Merupakan Ibu Kota Indonesia yang diberi label sebagai kota metropolitan. Siapa sangka, di tengah sesaknya kota oleh keberadaan gedung-gedung pencakar langit ini, masih ada satu wilayah yang menyimpan kepingan-kepingan masa lalu Indonesia yang mungkin sudah terlupakan oleh rakyatnya – Kota Tua. Sebenernya sih kawasan Kota Tua sudah banyak dikenal terutama oleh warga Jakarta dan sekitarnya. Tapi kawasan wisata yang satu ini jadi makin naik pamornya ketika Pak Jokowi – Sang Jakarta 1 “menyulap” kawasan Kota Tua menjadi tertata rapi dan makin banyak hal menarik yang berkaitan dengan sejarah dan budaya Indonesia yang bisa kita jumpai di sana. Apa saja? Ini dia yang saya temui di Kota Tua Jakarta hari minggu, 6 Oktober 2013 yang lalu:

1. Museum

Ada beberapa museum di sekitar Kota Tua. Tapi yang kelihatan sama saya cuma museum Fatahilah dan museum wayang. Apa isi museum fatahilah dan museum wayang? Kebetulan kemarin saya hanya sebatas gentayangan di sekitar kota tua. Nggak sampai masuk ke dalam museum-museum yang ada di sana -_-

IMG_4391

Penampakan depan Museum Fatahillah

2.  Kuda Lumping

Waktu saya ke kota tua bukan kuda yang makan beling yang saya lihat. Tapi….. Pocongan yang dipecut! Maaf, di postingan ini nggak saya tempel fotonya. Saya nggak bisa lihat adegan kekerasan -_-

IMG_4388

Bagian dari atraksi kuda lumping – 2 Orang berdiri masing-masing di atas kepala dan lutut orang yang lainnya

Yes. Foto di atas juga udah termasuk horor juga, kan?

3. Ondel-ondel

IMG_4393Sepasang Ondel-ondel

Ketika bertemu dua figur bertopeng di atas, rasanya saya seperti masuk ke dalam mesin waktu dan membawa saya ke masa kecil dulu. *lebay. Eh tapi serius, loh! Dulu – sekitar tahun ’94 – ’01 sore hari masih banyak ondel-ondel lewat di depan rumah. Dan biasanya saya nggak cuma ngasih uang receh ke ondel-ondel yang lewat, tapi ngikutin ondel-ondelnya sampe’ jarak tertentu. Hehe. Sekarang? Ah saya sudah besar. Mungkin ondel-ondel yang dulu sering lewat juga udah tua. Udah nggak kuat jalan keliling Bekasi kali ya. Tapi masa ondel-ondel nggak punya anak, sih? Harusnya anak ondel-ondel bisa nerusin kerjaan orang tua nya, dong! *Ya gatau juga. Terserah ondel-ondelnya sih, Ca!*

Yah apapun yang terjadi dengan ondel-ondel dan keturunannya, yang pasti saya seneng banget waktu ketemu ondel-ondel di Kota Tua❤

 

4. Orang Patung / Live Action Figure

Semoga bener istilahnya. Orang patung yang saya temui di kawasan Kota Tua adalah manusia asli. Tulen. Serius mereka hidup beneran. Tapi badannya dilumuri semacam cat gitu jadi mirip patung. Ada yang jadi patung tentara pejuang ’45, patung noni belanda, si pitung, nagabonar, dll. Di depan orang patung tersebut ada semacam wadah untuk menampung uang dari pengunjung yang ingin foto bareng orang patung itu.

IMG_4394

Orang Patung Nagabonar

IMG_4395

Orang Patung si Pitung

IMG_4396

Orang patung Pejuang ’45

IMG_4398

Orang patung Noni Belanda

IMG_4399

Orang Patung Tentara

Jika ditanya, “siapa pahlawan Indonesia di jaman ini?” jawaban kami adalah “Orang-orang patung, pembuat ondel-ondel dan pemain kuda lumping ini termasuk pahlawan masa kini.” Mereka pahlawan kebudayaan bangsa. Kalau bukan mereka, sayonara budaya Indonesia. Sampai jumpa di negeri tetangga *seka air mata*

Daaaan dari lima Orang Patung yang tertangkap oleh kamera saya, yang paling menarik perhatian kami adalah yang ke lima. Can’t you see that he’s so much win? Udah mah dibayar, bisa pegang + cium tangan mbak-mbak cantiknya pula! Mau seperti ini? Dateng aja ke Kota Tua. Jadi orang patung, dan coba lakukan hal seperti ini. Good luck!

6. Sepeda Ontel

Sepeda yang dipajang di kemasan salah satu biskuit ini ternyata ada banyak loh di Kota Tua! Dan itu disewakan kepada pengunjung yang ingin menikmati kawasan Kota Tua sambil bersepeda. Nggak percaya? Nih buktinya.

IMG_4392

7. Bapak-bapak ramah penunjuk jalan

Yes. Di tengah badai kelaparan yang kami rasakan, kami nggak bisa berpikir jernih dan mencari tempat makan sendiri lagi. Akhirnya kami datangi pusat informasi kawasan wisata dan bertanya “pak, tempat makan di sekitar sini di mana ya?” Yang ditanya bukannya jawab malah ikutan bingung dong -_- UNTUNGNYA, ada seorang bapak yang kalau dilihat dari penampilannya sih kira-kira berumur 55 tahun ke atas lah. Dan sepertinya juga, bapak itu sudah lama bersahabat dengan kawasan kota tua. Beliau hafal tiap sudut kawasan kota tua soalnya. *sotoy banget ye* Bapak yang nggak kami tau siapa namanya itu lalu memberi petunjuk kepada kami dengan senyum tulusnya. May Allah SWT bless you by your smile, Pak! :’)

Itu dia hal-hal menarik yang saya temukan di kawasan Kota Tua – Jakarta. Buat kamu yang penasaran, kamu bisa datang ke kawasan Kota Tua dengan ….. banyak cara! Tapi saya saranin sih mending naik kereta -khususnya yang tinggal di sekitar Jakarta-. Selain nggak ribet cari tempat parkir, kawasan ini mudah dijangkau, kok. Lokasinya nggak jauh dari stasiun kota (kurang lebih 100 meter).

Buat yang tinggalnya bukan di sekitar Jakarta tapi masih di Pulau Jawa, kamu bisa naik kereta ke Jakarta. Turun di Jatinegara atau Gambir. Kalau turun di Jatinegara, kamu bisa lanjut langsung naik Commuter Line jurusan Kota, lalu turun di stasiun kota. Dari stasiun kota, jalan kaki kurang lebih 100 meter ke kawasan wisata Kota Tua. Kalau turun di Gambir, kamu mesti ke Stasiun Juanda dulu. karena Commuter Line nggak berhenti di Stasiun Gambir.

Buat yang tinggal di luar Pulau Jawa, kamu bisa naik pesawat ke Jakarta. Dari Bandara Soekarno – Hatta, naik DAMRI ke Tanjung Priok. Dari Tanjung Priok bisa naik mikrolet 15A turun di Stasiun kota. Dari stasiun kota, jalan +- 100 meter.

Opsi ke dua, naik DAMRI ke Gambir. Dari gambir naik busway ke Stasiun Kota.

Hint: jauh-jauh ke Kota Tua, biar nggak nyesel, cobain es krim di Rumah Eskrim – sekitar Kota Tua deh. Letaknya di seberang area penjual makanan & minuman kota tua. Banana split nya juara😉

Selamat berwisata😉

One thought on “Yang Bisa Kamu Temui di Kota Tua – Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s