Español – 1

¡hola! me llamo Annisa. Bienvenidos a mi blog😀

Jadi ceritanya, si Annisa lagi belajar bahasa Spanyol. dan sekarang gatel mau berbagi ilmu ke-bahasa spanyol-an yang telah dipelajari si Annisa ini. Here we go brooo..

*hening. bingung mau mulai dari mana* haha

Oke, bagaimana kalau kita mulai dari alasan mengapa saya tertarik untuk belajar bahasa spanyol?

Masih pada ingat “Amigos”, “Mariana y Silvana”, “Rosalinda”, “Maria Bellen” dan telenovela lainnya? Masih inget lah ya. Jadi, dulu si Annisa suka nontonin telenovela karena pemain-pemainnya guanteng dan cantek. Pas nonton telenovela juga pernah coba nontonnya pake bahasa Spanyol gitu. walaupun jadi ga ngerti jalan ceritanya, si anu ngomong apaan, tapi satu kesimpulan yang bisa si Annisa ambil dari Telenovela ber bahasa Spanyol: Orang kalau lagi ngomong pake bahasa Spanyol itu SEXY! dan si Annisa ini pengen bisa sexy juga kayak pemain telenovela gitu katanya sih. uhuk. haha

Alasan ke dua, pada suatu tahun, si Annisa nonton acara televisi yang menanyangkan liputan orang (artis) jalan-jalan ke Spanyol. Ke kota Barcelona lebih tepatnya. Pertama lihat (dari tivi) kota Barcelona kayak gimana bentuknya, si Annisa langsung jatuh cinta lah sama bangunan dan suasana di sana. Dan nggak sopannya si acara itu ya, liputannya diambil pas banget ketika di Barcelona nya lagi ada festival! Bikin orang makin mupeng ke sana kan -_-

Alasan ke tiga, simple. gara-gara lagi main ke toko buku ada diskon 30% untuk semua buku. and She found the “Español para Indonesios” book, alias buku belajar bahasa Spanyol untuk orang Indonesia. ada tingkatannya. Dan si Annisa ini beli dua langsung, tingkat pemula dan intermediate. *kemaruk banget ya -_- tapi si Annisa sih mikirnya “daripada beli nanti-nanti udah gak diskon lagi, rugi lah hamba”. haha *tetep ye gamau rugi. Berhasil menemukan si buku ini, si Annisa merasa berjodoh dengan Spanyol dan yakin suatu saat pasti bisa ke sana! yeaaaaaasss *semangat membara*

Begitulah kira-kira ceritanya. Jadi mari kita mulai saja belajar bahasanya. Ibarat bocah baru lahir lalu berkembang biak, si bocah pasti awalnya cuma bisa ngomong tapi ga ngerti bagaimana menulis apa yang diucapkan. Jadi sekarang mari kita belajar membaca tulisan dalam bahasa Spanyol😀

Sejatinya, pengucapan dalam bahasa spanyol menurut saya mudah kok. Apa yang tertulis kurang lebih seperti itu pula cara mengucapkannya. Kecuali pada huruf-huruf berikut ini:

C : dibaca “se”, kecuali diikuti dengan huruf “a”, “u”, “o”

G : kalau ketemu huruf vokal “e” dan “i”, dibaca “he” dan “hi”.

kalau ketemu huruf vokal “ue”, “ui”, dibaca “ge” dan “gi”.

NG: kalau ketemu huruf vokal “a” dan “o” dibaca seperti huruf “g” nya ada 2. misal “congo” dibaca “konggo”.

H: nggak berbunyi alias dianggap gak ada kecuali si huruf “h” nya berdiri sendiri, dibaca “ache”.

J: kalau ketemu huruf vokal, dibaca “h”.

LL: dibaca “y”

ñ: dibaca “ny”

Y: dibaca “i”

Z: dibaca “s”

Contoh:

– ¡cumpleaños feliz, Annisa! (dibaca: kumpleanyos Felis, Annisa!)

Artinya: Selamat ulang tahun, Annisa!

– Las hojas se estan cayendo. (dibaca: las ohas se estan kayendo)

Artinya: Daun-daun sedang berguguran (kalimat ke dua diambil dari buku Español para Indonesios Nivel Basico – Dr. Ir. Jenny Supit)

Sekian belajar bahasa spanyol – Part 1 nya. Semoga bermanfaat🙂

anyway, coba tebak! kalimat pertama di artikel ini artinya apa hayo?

2 thoughts on “Español – 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s